login

Link

Advertise
 
Advertise
 
Advertise

Ensiklopedia

E-Business

  • PDF
Pengertian E-Busines
E-Business dimengerti sebagai Pemanfaatan Internet untuk menciptakan operasi bisnis secara online. Dari pengertian tersebut diatas maka penulisan proyek akhir ini menggunakan istilah E-Business untuk pembahasan selanjutnya.

Latar Belakang E-Business
Masing-masing organisasi mempunyai latar belakang yang beragam dalam menggunakan internet sebagai media bisnisnya, namun latar belakang yang umum adalah sebagai berikut:
  1. Kebutuhan Konsumen
  2. Pada umumnya didorong untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Situs EBusiness digunakan untuk melakukan pengenalan produk dengan jangkauan yang lebih luas.
  3. Kesadaran Konsumen
  4. Untuk menjawab keluhan dari masyarakat, misalnya jasa kesehatan
  5. Kondisi sosial, Ekonomi, dan Demografi
  6. Diciptakan untuk melayani pasar dengan kondisi demografi tertentu.

Manfaat E-Business
Manfaat E-Business sangat beragam, manfaatnya terlihat dari berbagai segi, adapun manfaat E-Business
  1. Bagi Perusahan Dan Pebisnis Perorangan
    1. Memperpendek jarak
    2. Lebih mendekatkan produk ke konsumen, akan lebih leluasa dalam mengatasi jarak secara fisik yang dihadapinya. Hanya dengan klik situs E-Business konsumen dapat secara langsung berinteraksi dengan perusahaan.
    3. Perluasan pasar
    4. Jaringan pasar akan relatif lebih luas dibandingkan dengan bisnis tradisional.
    5. Perluasan jaringan mitra kerja
    6. Antar perusahaan dapat saling lebih mengenal sehinggga akan lebih mudah untuk saling bekerja sama.
    7. Biaya terkendali
    8. Perusahaan cukup menggunakan situs E-Business sehingga akan lebih menghemat pengeluaran perusahaan.
    9. Efisien
    10. Sistem database yang terpusat akan menyebabkan efisiensi waktu, pertukaran informasi dan data akan cepat dilakukan.
    11. Cash Flow terjamin
    12. Karena perusahaan baru mengirim barang setelah pemesan membayar sesuai dengan harga pesan. Sehingga dibutuhkan modal yang kecil.
    13. Manfaat lainnya
    14. Menaikkan citra perusahaan.
  2. Bagi Konsumen
    1. Efektif
    2. Konsumen dapat melakukan trasaksi setiap saat, dan setiap kesempatan.
    3. Biaya terkendali
    4. Transaksi dapat dilakukan dengan mudah dari mana saja.
    5. Aman secara fisik
    6. Konsumen akan lebih merasa aman dengan pembelanjaan dengan uang yang berjumlah besar.
    7. Harga murah
    8. Harga akan lebih murah tentunya karena biaya-biaya beban barang akan lebih di tekan oleh perusahaan.
    9. Fleksibel
    10. Konsumen dapat melakukan transaksi dari berbagai tempat dan berbagai kesempatan.
  3. Bagi Masyarakat Pada Umumnya.
    1. Peluang kerja baru
    2. Dengan pola kerja dan pemodalan yang baru maka E-Business akan membuka peluang kerja baru bagi masyarakat umum.
    3. Wahana kompetisi
    4. E-Business menguntungkan karena produk yang murah dengan harga kompetitif.
  4. Bagi Dunia Akademis
    1. Tantangan baru bagi akademis untuk menyiapkan SDM yang mampu dalam selu beluk E-Business
    2. Peneliti ditantang untuk melakukan analisa terhadap pergeseran pola bisnis ini.
    3. Membuka kerangka baru untuk menciptakan sistem pembelajaran secara online.
Komponen Dasar E-Business
Untuk dapat memanfaatkan fasilitas E-Business tersebut, dibutuhkan komponen-komponen sebagai berikut:
  1. Alat pembayaran.
  2. Virtual Shop yang dibangun dalam sebuah home pages.
  3. Jalur pembelanjaan yang jelas agar dapat memberi jaminan terhadap perusahaan penjual produk untuk memperoleh pembayaran dari pembeli.
Langkah-Langkah Bisnis dalam E-Business
Langkah-langkah dalam E-Business secara umum terdiri dari tiga, ialah:
  1. Perusahaan mempublikasikan WEB site E-Business kepada masyarakat, halaman tersebut diharapkan mempunyai tampilan yang menarik.
  2. Calon pembeli dapat memilih produk dan mengisi formulir transaksi elektronik dengan mencatumkan nomor kartu kredit atau bukti transfer bank. Sebagai alat bukti pembayaran.
  3. Setelah proses pembayaran produk yang dipesan akan dikirim oleh penjualan kepada pembeli sesuai dengan alamat yang tercantum dalam formulir transaksi.
Transaksi E-Business
Hampir mirip dengan proses transaksi pasar tradisional, secara rinci adalah sebagai berikut:
  1. Pemilihan produk. Yang dilakukan melalui katalog produk yang telah disediakan pada situs E-Business.
  2. Inisialisasi pembelian. Pada tahap ini pembeli melakukan pengisian form yang telah disediakan dan ditampilkan pada layar monitor lengkap dengan model pembayaran yang diinginkan. Sedangkan penjual akan mengidentifikasi produk yang dipesan.
  3. Permintaan otorisasi. Pada tahap ini penjual meminta otorisasi dari bank yang mengeluarkan kartu kredit atau uang digital atau bukti transfer milik pembeli.
  4. Otorisasi pada tahap ini bank melakukan otorisasi seperlunya.
  5. Pengiriman barang. Setelah semua proses telah dilalui proses pengiriman barang dilakukan
Hambatan-Hambatan E-Business Beberapa hambatan-hambatan yang ada tentang implementasi E-Business adalah sebagai berikut:
  1. Belum terbentuknya high trust society. Perubahan pola belanja konsumen dari pola konvensional kepada virtual. Masyarakat masih terbiasa membeli dengan memegang barang yang akan dibeli dan menanyakan sedetail mungkin tentang produk yang kan mereka beli.
  2. Pada umumnya harga tidak bisa ditawar lagi. Tidak seperti pasar tradisioanal proses transaksi melalui proses tawar-menawar.
  3. Sarana dan prasarana masih belum memadai.
  4. Masih sangat sedikit SDM yang memahami dan menguasai dengan baik dan benar konsep dan implementasi teknologi ini.
  5. Jasa pengiriman pos. masih memerlukan pembenahan, sehingga proses pengiriman barang tidak terlalu lama sampai kepada tangan pembeli.
  6. Adanya tindak kejahatan penyalahgunaan kartu kredit.
  7. Perbedaan flatform antar perusahaan.
  8. Penjual dan pembeli masih menunggu sampai sistem E-Business stabil dan aman.
  9. E-Business masih dipandang sebelah mata sebagai sistem yang sulit digunakan
  10. Perubahan pola konsumen menjadi aktif. Etika dan moralitas, E-Business belum mendapatkan tempat yang tepat sehingga banyak disalahgunakan menjadi penjajakan bisnis pornografi.



Sumber:
APLIKASI PENJUALAN SPARE PART DAN AKSESORIS O2 RACING SPORT DI BANDUNG BERBASIS WEB
(SPARE PART AND ACCESSORIES SELLING APLICATION O2 RACING SPORT BASE ON WEB IN BANDUNG)
EDI PINDONTA (613051008)
Library IT TELKOM Bandung
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."