login

Link

Advertise
 
Advertise
 
Advertise

Ensiklopedia

Metode Forward Chaining

  • PDF
Metode Forward Chaining
Metode Forward Chaining merupakan salah satu metode selain Backward Chaining yang digunakan dalam aturan inferensi Artificial Intelligence . Metode ini melakukan pemrosesan berawal dari sekumpulan data untuk kemudian dilakukan inferensi sesuai dengan aturan yang diterapkan hingga diketemukan kesimpulan yang optimal. Mesin inferensi akan terus melakukan looping pada prosesnya untuk mencapai hasil keputusan yang sesuai. Metode yang diterapkan pada forward chaining ini berkebalikan dengan metode backward chaining. Kelebihan metode forward chaining ini adalah data baru dapat dimasukkan ke dalam tabel database inferensi dan kemungkinan untuk melakukan perubahan inference rules. Contoh : Studi kasus mencari kesimpulan warna dari jaket Levis. Basis aturan (rule base) terdiri dari 4 aturan if-then :
  1. If X terbuat dari bahan kulit - Then X adalah jaket Levis
  2. If X terbuat dari bahan parasit - Then X adalah jaket sport
  3. If X adalah jaket Levis - Then X berwarna hitam
  4. If X adalah jaket sport - Then X berwarna putih

Pada contoh studi kasus di atas, "If X terbuat dari bahan kulit" direpresentasikan sebagai anteseden (antecedent), sedangkan "Then X adalah jaket kulit" direpresentasikan sebagai konsekuen (consequent). Sehingga dari aturan tersebut diatas, didapatkan bahwa warna jaket Levis adalah hitam.

Sumber:
Implementasi Metode Forward Chaining untuk Analisa Pendeteksian Dini Penyakit Diabetes Mellitus
Implementation of Forward Chaining Method for Diabetes Mellitus Predetecting Analyze
Efransyah Harahap 113020125
Library IT TELKOM Bandung
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

LAST_UPDATED2