login

Link

Advertise
 
Advertise
 
Advertise

Ensiklopedia

Long Range Navigation (Loran)

  • PDF
Long Range Navigation (Loran)

Loran merupakan teknologi navigasi yang menggunakan bantuan gelombang radio untuk menentukan posisi suatu objek di atas permukaan bumi. Loran menggunakan stasiun-stasiun terrestrial untuk memancarkan gelombang radio yang nantinya akan membantu penentuan posisi. Loran bekerja pada Perancangan dan Implementasi Demultipleksing pada Bagian Penerima Sistem Long Range Navigation-C Satu Sel Institut Teknologi Telkom 6 frekuensi 90-110 KHz dan lebih dikenal sebagai Loran-C. Loran-C menggunakan sinyal LF untuk hasil yang baik karena akan memenuhi kebutuhan akurasi pengukuran waktu dan keuntungannya dalam kestabilan karakteristik propagasi dengan kemampuannya memprediksi kondisi propagasi groundwave dan jangkauan yang luas pada band frekuensi rendah.Sedangkan jika dengan Medium Frequency (MF) dan High Frequency (HF) akan memenuhi kemampuan pengukuran waktu namun mempunyai loss propagasi yang tinggi diatas daratan yang dapat mempersempit jangkauan.

Sistem Loran-C menggunakan beberapa stasiun transmisi darat yang ditempatkan terpisah beberapa ratus mil dan diorganisasi dalam chains. Dalam Loran chain, 1 stasiun didesain sebagai stasiun master dan yang lain sebagai stasiun sekunder. Setiap Loran chain minimal terdiri dari tiga stasiun yaitu 1 stasiun master dan 2 stasiun sekunder agar menyediakan 2 lines of position (LOP). Daerah jangkauan dalam suatu chain ditentukan oleh daya yang ditransmisikan dari masing-masing stasiun, jarak masing-masing stasiun dan arah orientasi.

Cara Kerja Sistem Loran

Untuk menentukan posisi suatu objek membutuhkan satu stasiun master dan sedikitnya dua stasiun sekunder sehingga akan menghasilkan 2 nilai TD berbeda.




Gambar 1. Cara kerja sistem Loran-C


Penerima Loran akan menghasilkan informasi navigasi apabila masingmasing stasiun pemancar mentransmisikan grup pulsanya berdasarkan tahap-tahap seperti pada gambar dibawah ini:




Gambar 2. Proses penerimaan sinyal Loran-C




Sumber:
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DEMULTIPLEKSING PADA BAGIAN PENERIMA SISTEM LONG RANGE NAVIGATION-C SATU SEL
Design and Implementation Demultiplexing for Receiver Long Range Navigation-C System One Cell
Narabel Ferdianto (111040103)
Library IT TELKOM Bandung
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."