login

Link

Advertise
 
Advertise
 
Advertise

Ensiklopedia

Pengkodean Entropi

  • PDF

Pengkodean Entropi
Pengkodean  Entropi  merupakan  teknik  pengkodean  lossless  yang  menggantikan elemen data dengan kode  yang dengan kombinasinya dengan transformasi sebelumnya akan menghasilkan penurunan ukuran data secara signifikan. Dua  mode pengkodean entropi pada standar  ini  adalah  Variable  Length  Coding  (VLC),  misalnya  Huffman  Coding  dan  Binary Arithmetic Coding (BAC). Saat ini, H.264/AVC telah mendesain pengkodean entropi adaptif yaitu  Context-Adaptive  Variable  Length  Coding  (CAVLC)  dan  Context-Adaptive  Binary Arithmetic Coding (CABAC).
Ide utama dari VLC adalah bahwa elemen data yang akan dikodekan muncul dengan frekuensi  yang tidak  sama. Simbol  yang sering  muncul direpresentasikan dengan kode  yang pendek  sedangkan  simbol  yang  jarang  muncul  direpresentasikan  dengan  kode  yang  panjang (sehingga dinamakan Variable Length Coding). 
Cara  yang  lebih efisien untuk  mentransmisikan koefisien transformasi adalah dengan Context-Adaptive Variable Length Coding (CAVLC). Pada skema ini, tabel-tabel VLC untuk elemen  syntax  berbeda  diswitch  tergantung  dari  elemen  syntax  yang  terlebih  dahulu ditransmisikan. Karena tabel VLC dibuat sesuai dengan kondisi statistik, kinerja pengkodean entropi menjadi lebih baik dibandingkan skema penggunaan satu tabel VLC.
Pada  metode  pengkodean  entropi  CAVLC,  jumlah  koefisien  non-zero  (N),  ukuran aslinya  dan  posisi  koefisien  dikodekan  secara  terpisah.  Setelah  scanning  koefisien transformasi  secara  zigzag,  hasil  distribusi  statistiknya  menunjukkan  harga  yang  besar  pada frekuensi  rendah  dan  mengecil  pada  frekuensi  tinggi.  Sebuah  contoh  hasil  scanning  secara zigzag dari koefisien transformasi blok 4x4 diberikan sebagai berikut :
7   6   -2   0   -1   0   0   1   0   0   0   0   0   0   0   0

  • Jumlah koefisien non-zero (N) dan ”trailing 1s”

”Trailing 1s” (T1s) menunjukkan jumlah koefisien dengan nilai mutlak sama dengan satu pada  akhir  scan.  Pada  contoh  di  atas  T1s  =  2  dan  N  =  5.  Dua  nilai  ini  akan  dikodekan sebagai combined event. Satu dari 4 tabel VLC digunakan sesuai dengan jumlah koefisien pada blok-blok tetangga.

  • Pengkodean nilai koefisien

T1s  hanya  membutuhkan  tanda (sign)  karena  nilainya  hanya  +1  atau  -1.  Koefisien  akan dikodekan  dalam  arah  balik  sehingga  koefisien  pertama  yang  dikodekan  adalah  -2 menggunakan tabel VLC pertama. Untuk pengkodean koefisien selanjutnya (pada contoh ini  adalah  6),  tabel  VLC  baru  akan  digunakan  berdasarkan  koefisien  yang  sebelumnya dikodekan. Pada proses adaptasi ini tersedia enam buah tabel kode exp-Golomb.

  • Informasi sign

Satu  bit  akan  digunakan  untuk  sign  dari  koefisien.  Untuk  T1s  akan  dikirimkan  1  bit sedangkan  untuk  koefisien  lainnya,  sign  bit  sudah  dimasukkan  ke  dalam  kode  exp-Golomb.
Posisi  dari  setiap  koefisien  non-zero  dikodekan  dengan  menunjukkan  posisi  0s  sebelum koefisien non-zero terakhir. Proses ini dibagi menjadi dua yaitu :

  • TotalZeroes

Codeword  ini  menunjukkan  jumlah  zero  antara  koefisien  non-zero  terakhir  dengan  awal scanning. Pada contoh di atas, nilai TotalZeroes adalah 3. Telah diketahui  bahwa N = 5, sehingga bilangan akan berada pada daerah 0-11. Tersedia 15 tabel untuk N dalam daerah 1-15. Jika N=16, maka tidak ada koefisien zero.

  • RunBefore

Langkah  berikutnya adalah  menunjukkan  bagaimana 3 zeros terdistribusi. Pertama-tama, jumlah 0s sebelum koefisien terakhir akan dikodekan. Pada contoh ini  jumlahnya adalah dua.  Jumlah  ini  berada  pada  daerah  0-3  dan  akan  dikodekan  dengan  tabel  VLC  yang sesuai. Sekarang hanya tinggal satu zero tersisa. Jumlah 0s sebelum koefisien kedua dari akhir hanya memiliki dua kemungkinan yaitu 0 atau 1. Pada contoh ini, jumlahnya adalah satu. Karena tidak ada lagi 0s tersisa, maka tidak ada lagi informasi yang akan dikodekan.

 



Sumber:
SIMULASI DAN ANALISIS CAVLC (Context Adaptive Variable Length Coding) PADA PENGKODEAN H.264 / AVC PADA JARINGAN LAN
PUTRI KUSUMAH PERDANI (111088045)
Library IT TELKOM Bandung
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."