login

Link

Advertise
 
Advertise
 
Advertise

Ensiklopedia

Manajemen Hubungan Pelanggan

  • PDF

Manajemen Hubungan Pelanggan
CRM merupakan nilai dan strategi dari relationship marketing (RM) yang lebih khusus menangani hubungan dengan pelanggan, dan dapat diterapkan dalam aplikasi nyata. Manajemen hubungan pelanggan juga dapat diartikan sebagai suatu pendekatan manajemen yang memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi, menarik, dan meningkatkan retensi pelanggan yang menguntungkan dengan mengelola hubungan dengan pelanggan .

Manajemen hubungan pelanggan berusaha untuk menyediakan jembatan strategis antara teknologi informasi dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk menjalin hubungan jangka penjang dengan pelanggan serta profitabilitas Manajemen hubungan pelanggan dapat pula didefinisikan sebagai integrasi dari penjualan, pemasaran, pelayanan yang terkoordinasi (Kalakota dan Robinson 2001). Manajemen hubungan pelanggan telah menjadi fase terpanas di dunia pemasaran dalam dekade terakhir . Manajemen hubungan pelanggan telah muncul untuk mendukung pandangan bahwa “mengembangkan hubungan dengan pelanggan adalah cara terbaik untuk membuat menjadi pelanggan setia dan pelanggan yang setia akan lebih menguntungkan daripada pelanggan yang tidak setia” . Beberapa perusahaan telah mulai mengejar pelanggan mereka dan sukses untuk mendapatkannya kembali menjadi pelanggan perusahaan. Sebagai contoh perusahaan BellSouth yang telah kehilangan usaha kecilnya pada tingkat yang mengkhawatirkan dari 29.000 lini perbulan pada tahun 2001. Dengan usaha Customer Win-Back yang agresif maka BellSouth berhasil mendapatkan kembali 26.000 lini per bulan pada tahun 2003. Akibatnya perspektif baru telah muncul bagi perusahaan-perusahaan yang berfokus pada Manajemen hubungan pelanggan yaitu customer reacquisition.



Sumber:
PENGARUH PRICE, PRICE DIFFERENCE, SERVICE BENEFIT, DAN LAPSE DURATION TERHADAP CUSTOMER WIN-BACK PADA PELANGGAN PRABAYAR INDOSAT
PUTU ARI SUSANTI (112071002)
Library IT TELKOM Bandung
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."