login

Link

Advertise
 
Advertise
 
Advertise

Ensiklopedia

Peramalan

  • PDF

Peramalan
Peramalan merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan perencanaan dan proses pengambilan keputusan. Dalam penentuan metode yang akan digunakan dalam peramalan, Spyros dan Steven mengatakan bahwa dapat digunakan dua pendekatan analisis karakteristik sebagai dasar untuk memetakan kebutuhan yang spesifik dengan pendekatan yang spesifik.

Pendekatan yang pertama adalah dengan melakukan pembelajaran tentang karakteristik dan situasi yang akan diramalkan. Dalam pendekatan ini, Spyros dan Steven mengidentifikasikan enam elemen karakteristik yang mempunyai peranan penting dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, yaitu:

1. Horizon waktu
Jangka waktu yang berlaku dalam pelaksanaan sehingga memberikan dampak hasil yang merupakan akibat dari keputusan yang diambil.
2. Tingkat ketelitian agregat
Semakin tinggi tingkat ketelitian yang dilakukan maka semakin besar pula kebutuhan akan prosedur peramalan yang otomatis.
3. Jumlah variasi barang
Semakin sedikit jumlah variasi barang yang akan diramalkan, maka peramalan yang dilakukan akan menghasilkan peramalan yang lebih teliti dan kompleks sebab setiap item dapat diramalkan secara individu. Apabila semakin banyak jumlah variabel barang yang akan diramalkan, maka semakin besar kebutuhan akan peramalan yang otomatis.
4. Pengendalian vs. Perencanaan
Dalam pengendalian, dibutuhkan peringatan sedini mungkin untuk memperingatkan apabila terdapat proses yang tidak wajar, dan dengan peramalan hal tersebut dapat dianalisis dan diidentifikasi dengan cepat apabila terdapat perubahan pada pola dasar atau hubungan. Sedangkan dalam perencanaan, dimana suatu pola diasumsikan akan terus berlanjut pada masa yang akan datang, maka faktor terpenting dalam perencanaan adalah melakukan identifikasi terhadap pola dasar dan melakukan ekstrapolasi pola tersebut pada masa mendatang.
5. Kestabilan
Dengan kondisi yang stabil, maka dapat digunakan metode peramalan kuantitatif dan dilakukan pemeriksaan kesesuaian periodik. Namum apabila erjadi perubahan situasi, maka dibutuhkan metode yang dapat beradaptasi secara terus menerus.
6. Prosedur perencanaan saat ini
Perubahan terhadap prosedur perencanaan yang digunakan pada saat ini tentunya akan memberikan dampak kepada perusahaan baik secara signifikan maupun secara tidak signifikan. Oleh karena itu dilakukan analisis terlebih dahulu dampak dari setiap perubahan tata cara operasional yang akan dihasilkan.

Pendekatan lainnya dalam menentukan metode peramalan yang dinyatakan oleh Spyros dan Steven dengan melakukan analisis terhadap karakteristik dari metode peramalan. Hal ini dapat dilihat dengan mengidentifikasi enam faktor yang dapat mencerminkan kapabilitas dan kemampuan adaptasinya. Enam faktor tersebut adalah:

1. Horizon waktu
Terdapat dua aspek, yaitu jangka waktu yang diinginkan agar suatu hasil peramalan dapat digunakan, dan periode waktu peramalan yang ingin dihasilkan.
2. Pola data
Setiap metode peramalan memiliki kemampuan yang berbeda dalam melakukan peramalan terhadap pola yang berbeda, sehingga identifikasi pola yang terdapat dalam set data sangat penting.
3. Biaya
Terdapat tiga biaya, yaitu biaya pengembangan, biaya persiapan data, dan biaya pengoperasian secara nyata.
4. Akurasi
Tingkat akurasi hasil peramalan dapat mempengaruhi metode peramalan yang akan digunakan.
5. Kemudahan penggunaan
Seorang pengambil keputusan tidak akan dapat melakukan peramalan apabila tidak dapat menggunakan datau mempelajari metode peramalan tersebut. Oleh karena itu, tingkat kesulitan penggunaan akan mempengaruhi metode peramalan yang akan digunakan.
6. Ketersediaan perangkat lunak
Seringkali metode peramalan yang digunakan disesuaikan dengan ketersediaan perangkat lunak, sebab dengan menggunakan peangkat lunak, meskipun metode peramalan cukup rumit, maka metode peramalan tersebut akan digunakan. Dan yang lebih penting lagi adalah dengan menggunakan perangkat lunak maka akan memudahkan pengambil keputusan dalam melakukan analisis dan intepretasi hasil peramalan.



Sumber:
USULAN PERBAIKAN SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN KIMIA PT INDONESIA POWER UBP PRIOK BAGIAN KIMIA UNIT DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY
RIZKY AMELIA (112071024)
Library IT TELKOM Bandung
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."