login

Link

Advertise
 
Advertise
 
Advertise
Detail TA PA
ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI SISTEM KAMPIUN BERDASARKAN PERSEPSI KARYAWAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE
112080105
Indriani Rezki Pratiwi
Periode I
2012
Hit : 233
 


Abstrak


Saat ini, perkembangan knowledge dan teknologi berjalan sangat cepat, sehingga dibutuhkan pengelolaan knowledge yang baik agar knowledge yang ada di perusahaan tidak hilang. Penelitian ini merupakan Confirmatory Research terhadap knowledge management system yang ada di PT Telkom yang diberi nama Kampiun. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh Individual Dimension, Infrastructure dan Organizational Dimension terhadap Work Performance Kampiun. Selain itu dilakukan pula pengujian pengaruh dari Work Performance Kampiun terhadap kinerja knowledge management PT Telkom dilihat dari perspektif Human Capital, Customer Capital dan Organizational Capital.

Proses pengambilan sampel berasal dari lima unit kerja yang ada di PT Telkom yaitu divisi knowledge management, Human Resource Development, Information System Centre, Competency Development dan Learning Centre sejumlah 30 responden. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square dengan software SmartPLS. Validasi model dilakukan terhadap perusahaan bersama knowledge expert yang berada di divisi knowledge management.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang paling besar terhadap Work Performance Kampiun diwakili oleh dimensi Individual Dimension dengan nilai pengaruh 57,7%. Work Performance Kampiun memberikan pengaruh paling besar kepada dimensi Human Capital sebesar 78,8%. Berdasarkan penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa faktor yang paling memengaruhi kinerja sistem Kampiun maupun faktor yang paling dipengaruhi oleh sistem Kampiun berasal dari faktor manusia yaitu Individual Dimension dan Human Capital.

Penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki kinerja work performance Kampiun PT. Telkom dan dapat mempengaruhi perbaikan kinerja knowledge management di PT. Telkom untuk perspektif yang lainnya. Untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian dengan menambah dimensi yang diteliti, penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan metode pengukuran yang berbeda, penelitian dapat dilakukan di PT Telkom dengan lingkup yang lebih luas, dan penelitian dapat digunakan untuk perusahaan yang berbeda.

Kata Kunci : Kampiun, Knowledge Management, Human capital, dan Partial Least Square.
 


Abstract


Recently, knowledge and technology develop faster, so company needs to manage the knowledge in order to keep the knowledge doesn‟t go outside the company. This study is a confirmatory research on knowledge management system that exist in PT Telkom, which was named Kampiun. This research aims to examine the influence of Individual Dimension, Infrastructure, and Organizational Dimension of work performance Kampiun. In addition, test also conducted the Work Performance Kampiun influence on the performance of knowledge management PT Telkom viewed from the perspective of Human Capital, Customer Capital, and Organizational Capital.

The sampling technique for data collected from 5 units of work in PT Telkom, they are knowledge management, HRD, ISC, Competency Development and Learning Centre division which amounted to 30 people. The data was analyzed by Partial Least Square method with the program of SmartPLS. Model validation was implemented to the company with the knowledge expert who is in charge in division of knowledge management.

Results from the study showed that the greatest infuence on work performance kampiun is represented by the dimensions of individual dimension with the value of influence of 57,7%. Then work performance Kampiun provide the most impact on human capital dimensions of 78,8 %. In studies that concluded that the factors that most affected work performance Kampiun as well as the most factors influenced by the kampiun was derived from the human factor, they are Individual dimension and human capital.

This research is expected to improve the performance of work performance Kampiun and also can affect the performance improvement of knowledge management at PT. Telkom to other perspectives. For further study, research must be done with adding dimension of the research, a wider range of company for the research, a different measurement method to the research, or research is done in another company.



Keywords : Kampiun, Knowledge Management, Human capital, and Partial Least Square.